Selasa, 28 April 2020

Pertumbuhan Pribadi Manusia

Pertumbuhan Pribadi Manusia
Pengetian Pertumbuhan
Tumbuh adalah berbeda dengan berkembang. Pribadi yang bertumbuh mengandung arti yang berbeda dengan pribadi yang berkembang. Dalam pribadi manusia, baik yang Jasmaniah maupun yang rohaniah, terdapat 2 bagian yang berbeda sebagai kondisi yang menjadikan pribadi manusia berubah menuju arah kesempurnaan. Adapun 2 bagian kondisional pribadi manusia itu meliputi;
  • Bagian pribadi materiil yang kuantitatif
  • Bagian pribadi fungsional yang kualitatif
 Tumbuh adalah berbeda dengan berkembang Pertumbuhan Pribadi Manusia

Kenyataan itu yang melahirkan perbedaan konsep antara pertumbuhan dan perkembangan. Bagian pribadi materiil yang kuantitatif mengalami pertumbuhan, sedangkan bagian pribadi fungsional yang kualitatif mengalami perkembangan. Uraian ini kiranya cukup memberikan bayangan tentang perbedaan pengertian antara pertumbuhan dan perkembangan. 

Pertumbuhan bisa diartikan sebagai perubahan kuantitatif pada materiil sesuatu sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Perubahan kuantitatif ini bisa berupa pembesaran atau pertambahan dari tidak ada menjadi ada, dari kecil menjadi besar, dari sedikit menjadi banyak, dari sempit menjadi luas, dan lain-lain. Hal ini tidak berarti, bahwa pertumbuhan itu hanya berlaku pada hal-hal yang bersifat kuantitatif. Sebab tidak selamanya materiil itu kuantitatif. Materiil bisa terdiri dari bahan-bahan kuantitatif seperti; atom, sel, kromosom, rambut, molekul, dll, bisa pula materiil terdiri dari bahan-bahan kuantitatif seperti; kesan, keinginan, gagasan, ide, pengetahuan, nilai, dll. Jadi materiil bisa terdiri dari kualitas ataupun kuantitas. Kenyataan  tersebut yang barangkali membuat orang mengalami kesulitan dalam membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu kelengahan orang adalah yang menyebut pertumbuhan materiil kualitatif sebagai perkembangan.

Dari ulasan diatas bisa kita merumuskan arti pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada materiil pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Materiil pribadi seperti; sel, kromosom, butir darah, rambut, tulang, lemak, adalah tidak bisa dikatakan berkembang, melainkan bertumbuh atau tumbuh. Demikian juga materiil pribadi seperti; kesan, keinginan, gagasan, ide, pengetahuan, nilai, selama tidak dihubungkan dengan fungsinya tidak bisa dikatakan berkembang, melainkan bertumbuh.

Struktur konsep di atas sesungguhnya masih perlu diterangkan atau dijabarkan lebih lanjut, namun kami memutuskan untuk tidak mengupas hal itu secara lebih mendetail.

Pertumbuhan dinyatakan dalam bentuk perubahan-perubahan yang terjadi pada bagian-bagian materiil, akan tetapi pertumbuhan itu sendiri mempunyai sifat kesatuan dan keumuman, dalam hal ini bagi suatu organisme.

Demikianlah ulasan mengenai Pertumbuhan Pribadi Manusia, yang pada kesempatan kali ini dapat di bahas dengan lancar. semoga ulasan  di atas bermanfaat dan untuk kurang lebihnya mohon maaf. Cukup sekian, terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa!
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!
*Semoga anda sukses!