Minggu, 26 April 2020

Pengertian mobil hybrid dan jenis-jenisnya

Mantan KA UPTD
Hybrid menurut bahasa diartikan sebagai penggunaan dua buah atau lebih sumber tenaga berbeda jenis yang akan mengeluarkan satu buah output. Jika hybrid di sematkan pada mobil, maka mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan dua atau lebih sumber tenaga berbeda jenis yaitu mesin bensin dan motor listrik yang digunakan sebagai penggerak untuk memutar roda mobil.

Dalam penggunaanya, mobil hybrid memiliki pengaturan otomatis yang sangat canggih sehingga dapat mengatur kapan harus menggunakan mesin bensin saja, kapan harus menggunakan motor listrik saja, atau kapan harus menggunakan kedua-duanya.

Metode dan mode pengubahan sumber tenaga pada mobil hybrid ini diatur secara otomatis oleh komponen Power control unit yang sangat canggih dan sangat halus cara kerjanya sehingga kita tidak merasakan waktu terjadinya perubahan sumber tenaga tadi.

Hybrid menurut bahasa diartikan sebagai penggunaan dua buah atau lebih sumber tenaga berbe Pengertian mobil hybrid dan jenis-jenisnya

Dari kecanggihan-kecanggihan tersebut maka banyak kelebihan yang bisa di dapatkan dengan penggunaan mobil hybrid ini seperti contohnya:
  • Ramah lingkungan, hal ini dikarenakan mobil hybrid bisa menggunakan mode motor listrik saja untuk memutar roda mobil dan mematikan mesin bensin sehingga dapat mengurangi keluarnya gas buang dari mesin bensin mobil.
  • Hemat bahan bakar minyak, penggunaan motor listrik sejauh ini turut membantu untuk menekan penggunaan bahan bakar minyak. Untuk jarak tempuh yang sama, mobil hybrid cukup menggunakan setengah jumlah bahan bakar dari seluruh jumlah bahan bakar minyak yang digunakan pada mobil biasa
  • Tidak berisik, mobil hybrid memiliki kemampuan lebih senyap dibandingkan dengan mobil biasa terlebih ketika menggunakan mode motor listrik saja.
  • Dan lain-lain


Jenis-jenis mobil hybrid


Dalam perkembangannya, mobil hybrid ini memiliki beragam jenis dan tipe, namun sejauh ini, terdapat 5 jenis mobil hybrid yang umum digunakan yaitu :

1. Mobil hybrid jenis seri

Mobil hybrid jenis seri adalah mobil hybrid yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya sedangkan mesin bensin digunakan untuk memutar generator guna melakukan pengisian battery.

Tenaga listrik dari battery ini kemudian digunakan untuk menggerakkan mobil. Contoh mobil hybrid yang menggunakan jenis seri ini diantaranya adalah BMW i3 dan Chevrolet volt.

Baca juga :


2. Mobil hybrid jenis paralel

Mobil hybrid jenis paralel adalah mobil hybrid yang menggunakan mesin bensin sebagai penggerak utamanya, sedangkan motor listrik digunakan untuk membantu meningkatkan performa mesin bensin dan menghidupkan mobil saat start awal.

Motor listrik tidak dapat bekerja sendirian untuk menggerakkan mobil. Contoh mobil hybrid yang menggunakan jenis paralel diantaranya adalah Honda insight generasi 1.

3. Mobil hybrid jenis mild-paralel

Mobil hybrid jenis mild-paralel adalah mobil hybrid yang kerjanya mirip seperti jenis paralel yaitu menggunakan mesin bensin sebagai penggerak utamanya, namun motor listrik yang digunakan juga memiliki kemampuan yang lebih besar dibanding pada jenis paralel saja.

Sebagai contoh, motor listrik pada mobil hybrid jenis ini bisa digunakan untuk menyediakan fitur berhenti otomatis atau start otomatis serta untuk memberikan bantuan daya ekstra ke roda selama mobil ber-akselerasi. Selain itu, motor listrik ini juga kerap digunakan untuk menghasilkan listrik pada fase perlambatan.

Motor listrik yang digunakan pada mobil hybrid jenis mild-paralel ini kurang dari 20 kW. Contoh mobil hybrid yang menggunakan jenis mild paralel ini cukup banyak yaitu Honda Civic Hybrid, Honda Insight gen2, Honda CR-Z, Mercedes benz S400 BlueHYBRID, Suzuki Wagin R hybrid, dll.

4. Mobil hybrid jenis seri-paralel

Mobil hybrid jenis seri paralel adalah mobil hybrid yang memiliki kemampuan untuk menggunakan mesin bensin dan motor listrik secara bersama-sama atau bekerja secara individual dalam menggerakkan mobil.

Jadi, mobil jenis hybrid ini bisa menggunakan mesin bensin saja, atau menggunakan motor listrik saja, dan bahkan bisa menggunakan keduanya secara bersama-sama tergantung dengan kondisi dan situasi yang terjadi selama mengemudi.

Contoh mobil hybrid yang menggunakan jenis seri-paralel ini diantaranya adalah Toyota Prius, Ford escape hybrid, dll.

5. Mobil hybrid jenis PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)

Mobil hybrid jenis PHEV ini merupakan mobil hybrid yang jenisnya bisa mengacu dari 3 jenis mobil hybrid diatas (seri,paralel, atau seri-paralel) namun memiliki kapasitas pengisan battery yang lebih besar.

Selain itu, battery yang digunakan untuk mobil hybrid jenis PHEV ini umumnya menggunakan jenis lithium-ion battery sehingga mobil hybrid jenis ini memungkinkan untuk dilakukan pengisian melalui sumber listrik lain dari luar, baik di rumah, di perkantoran atau bahkan di stasiun pengisian listrik.

Contoh mobil hybrid yang menggunakan jenis PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) adalah Mitsubishi Outlander PHEV, Hyundai Ioniq PHEV, Kia niro PHEV, Hyundai Sonata PHEV, dll.

Demikianlah artikel tentang pengertian mobil hybrid dan jenis-jenisnya yang bisa ombro sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Info-Otomotif