Kamis, 07 November 2019

Fungsi kaca film mobil dan manfaatnya

Sepintas, pemasangan kaca film pada mobil tidak banyak berpengaruh terhadap penggunaan mobil itu sendiri. Ya, hal ini dikarenakan pemasangan kaca film pada mobil sudah dianggap menjadi hal yang lumrah dan sangat biasa bagi pemilik kendaraan.

Bahkan, pemasangan kaca ilm ini sudah dianggap hanya sekedar memasang aksesoris mobil saja. Padahal bisa lebih daripada itu, pemasangan kaca film yang tepat pada kendaraan, selain bisa mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk, juga bisa memberikan fungsi-fungsi tambahan lainnya.

 pemasangan kaca film pada mobil tidak banyak berpengaruh terhadap penggunaan mobil itu se Fungsi kaca film mobil dan manfaatnya

Apa saja sih fungsi kaca film mobil dan manfaatnya ? Berikut akan ombro informasikan fungsi kaca film mobil dan manfaatnya yang bisa dirasakan saat memilih dan menggunaan jenis kaca film yang tepat.


1. Mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk


Fungsi kaca film mobil yang pertama adalah untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk. Dengan adanya kaca film, jumlah cahaya matahari yang akan masuk kedalam kabin akan direduksi dan dikurangi jumlahnya.

Efeknya, suhu panas dan beragam paparan radiasi lainnya yang dibawa bersama masuknya cahaya matahari seperti sinar ultraviolet dan sinar infrared, dapat dikurangi sehingga menimbulkan efek lebih teduh dan adem bagi para penumpang di dalam mobil.


2. Mengurangi pantulan cahaya pada kaca


Fungsi kaca film berikutnya adalah kaca film dapat mengurangi pantulan cahaya pada kaca. Pantulan cahaya yang kembali ke kaca kerap membentuk efek cermin. Hal ini tentu sangat berbahaya apabila terjadi pada kaca depan yang digunakan untuk melihat kondisi jalan dan arus lalu lintas.

Dengan adanya kaca film, efek cermin akibat pantulan cahaya ini bisa direduksi dan dikurangi sehingga dapat memperjelas pandangan pengemudi kedepan serta dapat mengurangi mata lelah.

Baca juga :


3. Meningkatkan keamanan dan privasi


Fungsi kaca mobil selanjutnya adalah untuk meningkatkan keamanan dan privasi setiap orang yang berada didalam mobil tersebut. Pemasangan kaca film mobil bisa memberikan privasi yang lebih karena dapat menghalangi pandangan orang luar terhadap apa yang ada dan terjadi didalam mobil.

Selain itu, kaca film juga dianggap bisa mengurangi resiko kejahatan karena kaca film yang gelap dapat mempersulit orang yang berniat mengambil barang berharga di dalam mobil atau melakukan sesuatu terhadap penumpang di dalam mobil.


4. Meningkatkan penampilan pada mobil


Fungsi kaca film berikutnya adalah untuk meningkatkan penampilan pada mobil. Ya, mobil yang menggunakan kaca film akan terlihat tampil lebih stliysh dan bergaya. Terlebih dengan banyaknya pilihan warna, model serta kualitas kaca film yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing orang.

Padu padan yang cocok dengan karakter dan warna bodi mobil dapat meningkatkan nilai eksklusif bagi mobil itu sendiri.


5. Efisiensi Energi


Fungsi kaca film yang terakhir ombro ketahui adalah kaca film dianggap bisa meningkatkan efisiensi energi terutama pada saat siang hari dengan cuaca yang panas. Ya, pemilihan yang tepat pada kaca film dapat menekan kenaikan suhu dan temperatur di dalam kabin mobil.

Akibatnya, penggunaan AC yang menambah beban mesin secara berlebihan juga bisa di kurangi sehingga berimbas pada efisiensi bahan bakar yang digunakan.